Loading...
Tadabbur Al Baqarah AYAT 284-2

Tadabbur Al Baqarah AYAT 284-2

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطنِ الرَّجِيْمِ

284) ِللّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى اْلاَرْضِ قلى

284. Milik Allahlah apa-apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi.

وَاِنْ تُبْدُوْا مَا فِي اَنْفُسِكُمْ

Dan jika kalian menampakkan apa yang ada dalam diri kalian

اَوْ تُخْفُوْهُ يُحَاسِبْكُمْ بِهِ اللّٰهُ قلى

Atau kalian menyembunyikannya, maka Allah akan menghisab kalian dengannya

فَيَغْفِرُ لِمَنْ يَّشَآءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَّشَآءُ قلى

Maka Dia mengampuni orang-orang yang  Ia kehandaki

dan mengazab orang-orang yang  Ia kehandaki

وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ.

Dan Allah atas segala sesuatu Maha Berkuasa. (Qs.Al Baqarah: 284)

اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّه وَالْمُؤْمِنُوْنَ قلى

Rasul telah beriman kepada apa-apa yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya dan demikian pula orang-orang yang beriman.

كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ  وَمَلٰئِكَتِه وَكُتُبِه وَرُسُلِه قلى

Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya.

لاَ نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهِ قلى

Kami tidak membeda-bedakan seorangpun dari rasul-rasul-Nya

وَقَالُوْاسَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ.

Dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan Kami taat, Ampunan-Mu, wahai Tuhan Kami, dan kepada-Mulah tempat kembali”.


 

286) لاَ يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلاَّ وُسْعَهَا قلى

286. Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan kemampuannya

لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ قلى

Baginya balasan atas apa-apa (kebaikan) yang telah ia kerjakan dan atasnya (siksaan) bagi apa-apa  (keburukan) yang telah ia kerjakan

 رَبَّنَا لاَ تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ج

Wahai Tuhan Kami, janganlah Engkau siksa kami

jika kami lupa atau kami bersalah

رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَه

Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami

beban yang berat, sebagaimana telah Engkau bebankan

عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ج

Kepada orang-orang yang sebelum kami.

رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَاقَةَ لَنَا بِه ج

Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau membebankan kepada kami apa-apa yang kami tidak sanggup atasnya.

وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا قلى

Ma'afkanlah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami.

اَنْتَ مَوْلٰنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ. ج

Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.

 

 

                                                                                     

Kandungan  surat Al Baqarah ayat 284-286

  1. Ayat 284 berisi pernyataan bahwa segala sesuatu yang ada di alam semesta ini adalah milik Allah dan Allah selalu menghisab segala sesuatu yang dikerjakan manusia baik yang tampak maupun yang tidak tampak.
  1. Ayat 285 berisi keterangan bahwa para Rasul dan orang-orang mukmin itu mereka selalu percaya kepada kitab-kitab yang diturunkan Allah. Sedangkan mereka adalah orang yang baik dan terpilih.
  2. Mereka semua beriman kepada Allah, kitab, Malaikat, dan Rasul-rasul-Nya tanpa membeda-bedakan antara satu rasul dengan rasul lainnya
  3. Ayat 286 berisi pernyataan bahwa dalam membuat ajaran-ajaran agama, Allah tidak membebankan kepada manusia diluar batas kemampuan manusia itu sendiri dan setiap orang akan mendapat balasan apa-apa yang telah ia kerjakan yang baik maupun yang buruk tetap dalam perhitungan Allah Swt.
  4. Untuk melatih ketawaduan dan kerendahan hati kepada Allah, Allah mengajarkan kepada manusia untuk berdoa agar tidak diberi beban berat di luar kemampuannya sebab kadang-kadang ujian Allah itu begitu besar sampai tidak mampu ditanggung oleh manusia dan Allah juga mengajarkan cara untuk memohon pengampunan dan kemaafan dari Allah.

 

Asbabunnuzul ayat 284-286 surat Al Baqarah

 

عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ قَالَ: لَمَّا أَسْرَى بِرَسُوْلِ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنْتَهَى بِهِ اِلَى سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى, فَاَعْطَي ثَلاَثًا. اَعْطَي الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ, وَاَعْطَي خَوَاتِمَ سُوْرَةِ الْبَقَرَةِ وَغَفَرَ لِمَنْ لاَ يُشْرِكُ بِاللّٰهِ شَيْئًا مِنْ اُمَّتِهِ الْمُقْحَمَاتِ (رَوَاهُ مُسْلِمٌ)

Dari (Abdullah)  ibnu mas’ud ia berkata ketika Allah memperjalankan Rasulullah SAW menuju ke sidratal muntaha Maka ia (Allah) memberinya 3 (tiga) perkara: Ia (Allah) memberinya sholat 5 waktu dan Ia memberikan penutup surat Al Baqarah, Dan  memberi ampunan kepada orang yang tidak mensyirikkan Allah dengan sesuatupun diantara ummat-ummat-Nya yang lemah (HR. Muslim)

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللّٰهِ اِذَا قَرَأَ اٰخِرَ سُوْرَةِ الْبَقَرَةِ وَاٰيَةَ الْكُرْسِيِّ ضَحِكَ وَقَالَ: اِنَّهُمَا مِنْ كَنْزِ الرَّحْمٰنِ تَحْتَ الْعَرْشِ. (مُخْتَصَر تَفْسِيْرِ ابْنِ كَثِيْرٍ الجزء الأول ص.259)

Dari ibnu Abbas ia berkata: adalah Rasulullah apabila beliau membaca akhir surat Al Baqarah dan ayat kursi beliau tertawa dan berkata: sesungguhnya keduanya dari perbendaharaan Yang Maha Pengasih dari bawah Arsy.(dalam kitab Mukhtashor  tafsir Ibnu Katsir jilid 1 hal 259)

عَنْ مُعْقَلْ بِنْ يَسَارٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اُعْطِيْتُ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ وَخَوَاتِمَ سُوْرَةِ الْبَقَرَةِ مِنْ تَحْتِ الْعَرْشِ وَالْمُفَصَّلُ نَافِلَةً. (مُخْتَصَر تَفْسِيْرِ ابْنِ كَثِيْرٍ الجزء الأول ص.259)

Dari Mu’qil bin Yasar ia berkata: Rasulullah SAW bersabda aku diberi pembuka Al Kitab dan akhir surat Al Baqarah dari bawah arsy, dan dipisahkan  oleh sholat sunnah.(dalam kitab Mukhtashor  tafsir Ibnu Katsir jilid 1 hal 259)

عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ, قَالَ رَسُوْلُ اللّٰهِ  : فَضَّلَنَا عَلَى النَّاسِ بِثَلاَثٍ: اُوْتِيْتُ هذِهِ الْاٰيَاتُ مِنْ اخِرِ سُوْرَةِ الْبَقَرَةِ مِنْ بِيْتِ كَنْزِ تَحْتِ الْعَرْشِ لَمْ يُعْطَهَا اَحَدٌ قَبْلِي وَلاَيُعْطَاهَا اَحَدٌ بَعْدِيْ (مُخْتَصَر تَفْسِيْرِ ابْنِ كَثِيْرٍ الجزء الأول ص.259)

Dari Huzaifah ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: Ia (Allah) mengutamakan kita atas manusia seluruhnya dengan 3 hal: aku diberi ayat-ayat ini dari akhir surat Al Baqarah dari rumah perbendaharaan bawah ‘Arsy tidak seorangpun diberi ayat sebelumku dan tak seorangpun diberi ayat ini setelahku. (dalam kitab Mukhtashor  tafsir Ibnu Katsir jilid 1 hal 259)

قَالَ اَحْمَدُ عَنْ عَقَبَةٍ قَالَ, قَالَ رَسُوْلُ اللّٰهِ  اِقْرَاِ الْاٰيَتَيْنِ مِنْ اٰخِرِ سُوْرَةِ الْبَقَرَةِ فَاِنِّيْ اُعْطِيْتُهُمَا مِنْ كَنْزِ تَحْتَ الْعَرْشِ

Ahmad berkata dari Aqobah ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: bacalah 2 ayat dari akhir surat Al Baqarah, sesungguhnya Aku diberi keduanya dari perbendaharaan bawah ‘arsy. (HR. Ahmad)

 

 

عَنِ الْحَارِثِ عَنْ عَلِيٍّ قَالَ, لاَ اَرَى اَحَدًا  عَقْلَ الْإِسْلاَمِ يَنَامُ حَتَّى يَقْرَأَ اٰيَةَ الْكُرْسِيِّ وَخَوَاتِمَ سُوْرَةِ الْبَقَرَةِ فَإِنَّهَا مِنْ كَنْزٍ اُعْطِيْهِ نَبِيُّكُمْ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  مِنْ تَحْتِ الْعَرْشِ (مُخْتَصَر تَفْسِيْرِ ابْنِ كَثِيْرٍ الجزء الأول ص.259)

Dari Al Harits dari Ali ia berkata: aku tidak melihat seorang islam yang berakal tidur sehingga ia membaca ayat kursi dan penutup surat Al Baqarah sesungguhnya ayat tersebut sebagian dari perbendaharaan yang Nabi SAW diberi dari bawah ‘arsy. (dalam kitab Mukhtashor  tafsir Ibnu Katsir jilid 1 hal 259)

 

 عَنِ النُّعْمَانَ بِنْ بَشِيْرٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ قَالَ: اِنَّ اللّٰهَ كَتَبَ كِتَابًا قَبْلَ اَنْ يَخْلُقَ السَّمٰوَاتِ وَالْاَرْضَ بِاَلْفَيْ عَامٍ اَنْزَلَ مِنْهُ اٰيَتَيْنِ خَتَمٍ بِهِمَا سُوْرَةُ الْبَقَرَةِ وَلاَ يَقْرَأُ بِهِنَّ فِى دَارٍ ثَلاَثَ لَيَالٍ فَيُقَرِّبُهَا شَيْطَانٌ (رَوَاهُ الترمِذي)

Dari Nu’man bin Basyir dari Nabi SAW ia bersabda: sesungguhnya Allah telah mencatat suatu kitab sebelum Ia (Allah) menciptakan langit dan bumi dengan 2 tahun Ia menurunkan darinya 2 ayat menutup dengan keduanya surat Al Baqarah, maka jika tidak membaca ayat-ayat itu dalam 3 malam maka syetan akan mendekati rumah itu. (HR. At Tirmidzi)  

 

Beberapa hadits yang berkaitan dengan ayat  تُخْفُوْهُ يُحَاسِبْكُمْ بِهِ اللّٰهُ وَإِنْ تُبْدُوْا مَا فِي أَنْفُسِكُمْ أَوْ

 

عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ, قَالَ رَسُوْلُ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: قَالَ اللّٰهُ اِذَا هَمَّ عَبْدِيْ بِسَيِّئَةٍ فَلاَ تَكْتُبُوْهَا عَلَيْهِ. فَاِنْ عَمِلَهَا فَاكْتُبُوْهَا سَيِّئَةً, وَاِذَا هَمَّ بِحَسَنَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا فَاكْتُبُوْهَا حَسَنَةً فَاِنْ عَمِلَهَا فَاكْتُبُوْهَا عَشْرًا. ( رَوَاهُ الْبُخَارِي وَمُسْلِمٌ)

Dari Abu Hurairah ia berkata: Rasulullah SAW Allah SWT. berfirman: apabila hamba-Ku berkeinginan untuk melakukan suatu keburukan maka jangan kalian (para malaikat) mencatat atasnya maka jika ia mengerjakannya maka hendaklah kalian mencatatnya dengan satu keburukan dan apabila ia berkeinginan melakukan kebaikan lalu ia tidak jadi mengerjakannya maka hendaklah kalian mencatatnya dengan satu  kebaikanMaka jika mengerjakannya maka hendaklah kalian (para malaikat) mencatatnya setara dengan sepuluh kebaikan. (HR. Bukhori & Muslim)

وَقَالَ رَسُوْلُ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اِذَا اَحَسَّ اَحَدٌ اِسْلاَمَهُ فَاِنَّ لَهُ بِكُلِّ حَسَنَةٍ يَعْمَلُهَا تُكْتَبُ لَهُ بِعَشْرِ اَمْثَالِهَا اِلَى سَبْعِمِائَةٍ ضَعْفٍ, وَكُلُّ سَيِّئَةٍ تُكْتَبُ بِمِثْلِهَا حَتَّى يَلْقَى اللّٰهَ عَزَّ وَجَلَّ ( رَوَاهُ الْبُخَارِي وَمُسْلِمٌ)

Rasulullah SAW. bersabda Apabila seorang itu benar-benar Islam Maka sungguh, setiap kebaikan yang ia kerjakan ditulis sepuluh sampai tujuh ratus kebaikan yang setara Dan setiap satu keburukan ditulis dengan satu keburukan yang serupa sampai ia bertemu Allah Azza wa Jalla (HR. Bukhori & Muslim)

 

عَنْ أَبِىْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اِنَّ اللّٰهَ تَجَاوَزَ عَنْ اُمَّتِىْ مَا وَسْوَسَتْ بِهِ صُدُوْرُهَا مَالَمْ تَعْمَلْ اَوْ تُكَلِّمْ بِهِ (رَوَاهُ الْبُخَارِي وَمُسْلِمٌ وَالترمذي والنسائي)

Dari Abu Hurairah ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya Allah memaafkan dari ummatku apa-apa yang mengganggu (membisik-bisikkan) dalam hati-hatinya selama ia tidak melakukannya atau tidak membicarakannya (HR. Bukhori, Muslim, At Tirmidzi dan AnNasai)

 

لاَ يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا لَهَا Hadits - Hadits yang berkaitan dengan ayat 

 عَنْ عِمْرَانَ بِنْ حُصَيْنٍ قَالَ: كَانَتْ لِيْ بِوَاسِيْرٍ, فَسَأَلْتُ النَّبِيِّ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الصَّلاَةِ فَقَال: صَلِّ قَائِمًا, فَاِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا فَاِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبٍ (رَوَاهُ الْبُخَارِي وَاَبُوْدَاوُدَ وَابْنُ مَاجَه)

Dari imran bin Husein ia berkata: aku memiliki penyakit wasir, Lalu aku bertanya kepada Nabi SAW tentang sholat, dan beliau bersabda: sholatlah dalam keadaan berdiri, jika kamu tidak mampu maka dalam keadaan duduk, jika kamu tidak mampu maka dalam keadaan berbaring. (HR. Bukhori, Abu Dawud dan ibnu majah)

 

لاَ يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا لَهَا Ayat-ayat yang berkaitan dengan ayat 

 

يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ(البقرة: 185)

Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu”.(QS. Al Baqarah: 185)

فَاتَّقُوْا اللّٰهَ مَاسْتَطَعْتُمْ (التغابن: 16)

“Maka bertakwalah kepada Allah semampu kalian (QS.  At taghobun: 16)