Loading...

Sejarah

Pertama kali didirikan di Jalan Gajayana No. 20 Malang. Didirikan pada tanggal 7 februari 1989 bertepatan dengan tanggal 1 Rajab 1409 H. dalam perkembangannya pesantren ini dipindahkan lokasinya, kemudian berkedudukan secara tetap di jalan Mertojoyo Selatan Blok B/10 Merjosari Malang sehingga sekarang.

Para pendiri memiliki cita-cita yang sangat mulia dengan pendirian Pesantren Mahasiswa ini yaitu, bertujuan melahirkan para santri yang menjadi pemikir-pemikir (cendekiawan) lokal, nasional, regional, maupun Internasional dan mampu berkontribusi bagi perkembangan Islam.

Blog-post Thumbnail
Blog-post Thumbnail

Pesantren Mahasiswa FIRDAUS didirikan oleh beberapa orang yang memiliki komitmen terhadap dakwah Islam, diantaranya adalah Ust. H. Masrihan alumni pesantren Gontor Ponorogo dan Ketua Muhammadiyah Kebon Agung, Ust. Naher Safrih, Drs. Sholeh Maryono profesional yang bekerja di Saudi Arabia, Drs. Suherfi akuntan publik, Drs. Abdul Halim Rofii, M.Ag alumni Pesantren Gontor Ponorogo serta dosen Universitas Brawijaya, serta Dra. Nur'aini Al Mascatty penulis.

Dalam perkembangannya, Pesantren Mahasiswa FIRDAUS banyak melahirkan kader-kader mahasiwa yang memiliki peranan yang sangat luas dimasyarakat. Umumnya para santri Pesantren Mahasiswa FIRDAUS mampu berkiprah dalam organisasi kampus , unit kegiatan Mahasiswa. Alumni pesantren Firdaus berkiprah dalam syiar islam setelah mereka lulus. Profesi apapun yang diembannya maka para alumni ini berkewajiban membawa tugas mulia menyebarkan syiar Islam ke masyarakat.

Pesantren Mahasiswa FIRDAUS berada di bawah Yayasan Firdaus yang menaungi beberapa bidang, yaitu Pesantren Mahasiswa FIRDAUS, dan unit-unit usaha, antara lain : Penerbitan Jaringan Islam Kafaah (JIK), serta Lembaga Training Kepemimpinan (FITRA CENTER). Hal ini merupakan tanggung jawab sebuah Yayasan Islam seperti Firdaus, yang bertujuan memberikan sumbangsihnya agar bisa bermanfaat secara luas bagi masyarakat sekitar. Tentunya disamping mensyiarkan islam yayasan Firdaus pun turut serta dalam usaha memberikan keterampilan dan membuka lapangan pekerjaan.

Unit usaha lainnya adalah penerbitan Jaringan Islam Kaafah (JIK), penerbitan buku ini telah melahirkan beberapa buku diantaranya adalah Pedoman Belajar Al-Quran dan Bahasa Arab Al-Quran, Pedoman Tadabur Surat Al-Fatihah "Menggapai Hidayah", Pedoman Dzikir sehari-hari, serta sebuah kumpulan puisi "Sekuntum mawar buat Mujahid". Diantara buku-buku tersebut, buku Pedoman Belajar Al-Quran dan Bahasa Arab Al-Quran telah di launching di daerah Bali, Yogyakarta, Jakarta, Malang, Nusa Tenggara Barat, Sidoarjo, dan lain-lain. Lebih jauh JIK akan segera melaunching buku baru pedoman belajar Al-Quran bagi TPA-TPA. Syukur alhamdulillah ustadzah kami Dra. Nur'aini Al-Mascatty mendapatkan sebuah amanah untuk memberikan pelatihan-pelatihan buku barunya tersebut kepada TPA-TPA dibawah Aisyah se Malang Raya yang berjumlah ratusan. Buku-buku ini merupakan warisan intelektual berharga yang ingin diberikan oleh pesantren Firdaus ke tengah-tengah umat Islam. Semoga saja buku-buku yang telah ditulis oleh ustadzah kami Dra. Nur'aini Al Mascatty bisa memberikan manfaat secara lebih luas ketengah-tengah umat Islam. Amiin.

Unit usaha lainnya adalah lembaga pelatihan FITRA CENTER, lembaga training di bidang manajeman kepemimpinan dan keislaman. Lembaga Training ini bertujuan melakukan sebuah transformasi moral di tengah-tengah kehidupan masyarakat Indonesia sehingga tercipta masyarakat yang memiliki aqidah dan alhlaq yang kuat. Lembaga Training ini telah memberikan beberapa pelatihan dari mulai Malang, Sidoarjo, Bali, Jakarta, Lombok (NTB). Adapun sasaran pelatihan dari mulai anak-anak SD, SMP, SMU, pegawai BUMN.

Pada tahun 2007 Yayasan Firdaus memiliki susunan kepengurusan baru yaitu: Ketua Yayasan Ir. Hari Sumarsono, Ketua Majelis Pengajaran: Drs. Masmuh, MSi, Ketua Departemen Ekonomi : Drs. Suherfi . Untuk susunan dewan penasehat diantaranya adalah : Ust. H. Masrihan, Ust. Drs. Abdul Halim Rafii, M.Ag, Dra. Nur'aini Al-Mascatty sedangkan dewan pengawas adalah Ir. M. Arezy. Sedangkan ketua-ketua Yayasan Firdaus sebelumnya adalah Ust. H. Naher Safrih, Drs. H. M. Nasikh (sekarang bendahara PDM kota Malang), Ir. Daeng. Itulah sekilas pendahulu-pendahulu yang telah banyak berjasa dalam mengokohkan pondasi firdaus ini.

Pada tahun 2007 Pesantren Mahasiswa FIRDAUS mendapatkan bantuan seorang ahli manajeman dan dermawan yang sangat komitmen dalam perkembangan Firdaus lebih lanjut, yaitu dengan kehadiran Dr. H. Imam Muhajir El-Fahmmi, SH, MM, MBA seorang entrepreneur muslim pemilik MEGISTRA UTAMA sebuah lembaga pendidikan tinggi yang telah tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Beliau banyak membantu dalam hal moril maupun materil bagi perkembangan Firdaus ini. Diantaranya adalah memberikan pembenahan Manajeman Pesantren Firdaus Malang, memberikan fasilitas serta pendanaan Firdaus. Bahkan satu hal yang membuat pesantren ini banyak bersyukur dengan kebaikan beliau memberikan fasilitas untuk ditempati asrama pesantren putra. Semoga saja kebaikan yang telah diberikan oleh beliau dapat mengalir terus-menerus dalam upaya menyebarkan syiar Islam. Semoga amal kebaikan beliau dicatat sebagai sebuah amal yang akan terus menerus mengalir. Amiin.

Terobosan terbaru dari Pesantren Mahasiswa FIRDAUS adalah di launchingnya www.firdaus-malang.or.id sebuah website yang menyajikan informasi Pesantren Firdaus secara online dalam media internet. Tujuan dari website ini sebagai sarana informasi dan promosi bagi mahasiswa-mahasiswi yang ingin memperdalam ilmu Agama ketika akan berkuliah di daerah Malang. Alhamdulillah berkat adanya website ini Pesantren Mahasiswa FIRDAUS bisa lebih mengglobal dan lebih mensyiarkan Islam lagi ke seluruh dunia. Website ini telah dikunjungi muslim dari Saudi Arabia, Prancis, Amerika, Jepang, Canada, Taiwan, Jerman, Argentina dan seluruh Indonesia.


Visi

Melahirkan Generasi Cendikia yang Berfikir, Bertindak dan Hidup di Bawah Al-Qur'an

Misi

Mandiri

Menghasilkan santri yang berprestasi dan mandiri, penuh inisiatif, kreatif, inovatif dan produktif.

Kompetensi

Menghasilkan santri yang agamis dan terampil serta mampu menghadapi tantangan zaman dengan survive.

Generasi

Mencetak Generasi Rabbani yang Siap Membangun Peradaban Islam Secara Kaffah

Keagamaan

Menghasilkan santri yang memiliki dasar-dasar nilai keagamaan yang kuat seperti jujur, dapat dipercaya, bertanggung jawab, cerdas, peka terhadap lingkungan dan mampu menyelesaikan masalah dirinya dan lingkungannya.

Tujuan Pesantren Mahasiswa/i FIRDAUS

Tujuan Pesantren Mahasiswa FIRDAUS yaitu membentuk kader-kader muslim yang memahami ajaran Islam secara paripurna serta mampu mewujudkan nilai-nilai Islam secara kaffah dalam kehidupan pribadi maupun sosial.

Secara khusus tujuan pendidikan pondok mahasiswa adalah membentuk pribadi-pribadi muslim yang beraqidah benar, berakhlak mulia, berwawasan luas, faham terhadap ajaran Islam, dan memiliki pengabdian dan dedikasi yang tinggi terhadap Islam serta peka mengantasipasi perubahan sosial.

Motto

Dengan Al Qur'an Bangun Militansi, Intelektualitas dan Spiritualitas

MILITANSI

suatu kekuatan dalam jiwa yang berasal dari pemahaman terhadap kebenaran aqidah yang diyakini untuk selalu mempertahankan, mengamalkan dan memperjuangkannya.

INTELEKTUALITAS

kemampuan untuk menyerap, mengolah, dan menganalisa berbagai informasi yang ada di alam semesta dan menemukan berbagai macam pengetahuan untuk perbaikan kualitas kehidupan manusia dan menjadi rahmatan lil alamin.

SPIRITUALITAS

kemampuan Ruhani untuk selalu melakukan hubungan dengan Dzat Yang Maha Agung (Allah Azza wa Jalla) agar mampu menyerap nilai-nilai keagungan Allah yang dapat melahirkan kecerdasan spiritual. (kemampuan untuk melahirkan kecerdasan dalam Ruhani karena telah berhasil menyerap nama-nama Allah Azza wa Jalla yang indah (al-Asma al-Husna).

Gedung

Pesantren Mahasiswa FIRDAUS memiliki gedung putra dan putri yang terpisah

Putra

Dipesantren ini kita belajar bekerja sama, saling toleransi dan membangun ukhwah untuk sebuah perjuangan yang masuh panjang

Dipesantren ini kita bergandengan tangan, mencerdaskan diri dan spritualitas, serta mimpi-mimpi masa depan yang cemerlang untuk Islam dan ummat Islam

Putri

Disini kita belajar Disiplin, belajar Ibadah dan belajar membentuk Kepribadian.

Dan dipesantren ini kita membina persahabatan sesama santri dan alumni membina kepekaan dan keprihatinan terhadap orang miskin dan memupuh rasa cinta terhadap negri yang dikaruniai oleh Allah kepada kita


Lokasi

Pondok Pesantren Mahasiswa FIRDAUS memiliki lokasi yang strategis dan dekat dengan kampus-kampus di malang
Pesantren Mahasiswa Firdaus.
Jalan Mertojoyo Selatan Blok B No 10
Merjosari, Malang 65144
Telp: (0341) 572-212
Hp: 081805090714/ 085791265195
E-mail: pesamfirdaus@gmail.com